Kepicut Moleknya Gili Trawangan (Lombok)


Ingin melihat air selama berliburan di Pulau Lombok? Datanglah ke Gili Air. Perairan Gili (pulau kecil) di bagian barat Pulau Lombok ini, memiliki lima lokasi istimewa. di sini Anda bisa menemukan flora laut, penyu, dan berbagai jenis ikan dalam ragam warna warni. 

Dalam dunia wisata Pulau Lombok, termasuk dalam salah satu Gili terfavorit untuk incaran berlibur. Oleh masyarakat Lombok Gili juga dikenal dengan nama, Tengak Aik (bahasa Sasak) yang dalam bahasa Indonesianya berarti, tengah laut. Gili Air dihuni oleh suku Sasak, Makasar, dan Bugis. Meskipun demikian bahasa yang digunakan sehari hari adalah, Bahasa Sasak tulen (asli). 

Penduduk setempat mengantungkan hidup pada nelayan, pedagang dan pariwisata. Aktivitas Gili biasanya ramai sepanjang tahun. Pengunjung sebagian besari datang dari berbagai penjuru dunia, Australia, Inggris, Perancis, Jerman, Italia, Rusia, Inggris, dan Spanyol dan lain-lain. 

Sedangkan wistawan domistik dari, Sumatra, Jarkarta, Lampung, Jawa, Kalimantan dan banyak lagi para wisatawan lainnya. Gili Meno berada satu kawasan dengan Gili air. Gili Air memiliki banyak kesitimewaan yang membuatnya menjadi tempat pilihan berlibur dan bersnokling dengan indahnya panora biota laut serta ombak yang tenang. 

Pulau tanpa kendaraan ini menawarkan suasana perpaduan antar Gili Meno julukan Silent Island, dan Gili Trawangan yang sangat dikenal dengan Party Island. Dengan kata lain, pulau ini tidak sepi, tidak juga begitu ramai. Gili Air menarik perhatian jutaan pelancong asal mancanegara, karena keindahan pantai dan laut dan pasir putihnya. 

Di Gili Air Anda bisa beraktivitas menyelam, berselancar kecil-kecilan. Selian itu perairan Gili memiliki 5 pusat kehidupan bawah laut yang menyajikan keindahan berbagai jenis, ikan dan karang bawah laut.

Kesemuanya merupakan surga bawah laut bagi penyelam dan pencinta, snorkeling. Air wall, Air slope, Frogfish pint, Segaluh, Fan Malang red. Seperti Diving spot memiliki keunikan tersendiri. Air wall, misalnya, terhampar bentuk dinding. Kuda laut, penyu dan ikan berwana warni sangat mdah ditemukan ditempat ini. 

Bila Anda memerlukan, Anda bisa menyewa perlengakapan menyelam dan bisa menyelam sendiri. Atau ingin menyewa pendamping professional guide, kesemuanya telah tersedia. Tinggal anda memilih sesuai dengan selera sendiri. Ombak air laut di Gili Air juga memungkinkan anda berselancar pada waktu tertentu. Di tepi pantai, Anda juga bisa jogging di atas jalan setapak memanjang dibawah teguh berbagai jenis pohon tropis. 

Anda bisa berbaring merasakan hangatnya matahari diatas kelembutan pasir putih pantai Gili Air. Kenyamanan Gili Air didukung oleh alat transfortasi yang bebas polusi. Untuk menggelilinggi pulau, Anda bisa mengunakan cidomo, jalan kaki, atau dengan bersepeda. Anda juga menyewa sepeda pada penduduk setempat. 

Di pesisir timur, barat laut dan selatan Gili Air berjejer café, restoran, resort, villa dan bungalow bergaya tropis dengan atap alang-alang khas Pulau Lombok. Fasilitas akomodasi tempat ini menawarkan kenyamanan, privasi, dan panorma pantai berpasir putih dan laut yang dikelilinggi gili-gili lainnya.

Pada malam hari, anda bisa menikmati amkan malam di café atau restoran yang teletak di tepi pantai sambil melihat gemerlap lampu-lampu berwarna – warni. Gili Air mudah diakses dari berbagai tempat. Untuk mencapai tempat ini dari Kota Mataram, anda bisa mengunakan mobil rencar atau sepeda motor sewa yang telah untuk menuju pelabuhan Bangsal, Lombok Utara (KLU).

Atau jika anda ingin lebih leluasa keliling Lombok, anda bisa sewa rencar mobil dengan tarif per-hari Rp 490.000 (sudah termasuk sopir dan bensinnya). Nomor kontaknya, 0817365699, (Wawan, Mataram). Dari pelabuhan Bangsal, Anda akan menyebrang mengunakan perahu penyerbarnagan umum, dengan jarak tempuh 20 menit.


Atau jika Anda, tak mau lewat Bangsal, anda bisa memilih lewat pantai Sengigi (Lombok Barat), dengan hannya membutuhkan waktu sekitar 1 jam. Jika ingin menyempurnakan pertualangan anda, menyebranglah ke Gili Trawangan untuk menikmati pesta malam (party island), atau ingin suasana hijau, penuh dengan kicauan ribuan jenis burung cukup anda ke Gili Meno. Lokasinya persis bersebelahan dengan Gili Air. Ahyar ros []

0 komentar:

Posting Komentar

 

Translate

Flickr Photostream

Twitter Updates

Meet The Author