Making Notes to Your Life



Menulis adalah suatu prosesi, kebiasaan untuk mengungkap isi hati dan gagasan, sehingga memerlukan persiapan khsusus, tempat khsusus, dan menemukan suasana khusus sebelum mememulainya. Meskipunbegitu,  seringkali inspirasi itu datang tiba-tiba dan di mana saja. Karena itu selalu siapkan polpoin dan kertas utuk selalu mencatatnya. Bawalah ke mana saja kita pergi.

Bahkan banyak penulis yang menyediakan buku khsusus untuk mencatat semua ilham yang muncul seketika. Konon seorang penulis sukses yang berprefesi sebagai dokter, selalu menulis dengan tangan di buku saat pasiennya tidak ada diruangan prakteknya.

Ia adalah merupakan salah satu cara memanfaatkan waktu dengan efektif. Jadi pesan yang bisa kita tangkap dari dokter tersebut adalah bagaimana melatih diri untuk menulid di mana saja dan kapan pun saatnya. Saat menunggu di bandara, menunggu teman di sekolah, kampus dan bahan ketika menunggu pacar sekali pun. Jadi bohong jika orang ingin jadi penulis, tapi sering membuat alasan “tidak punya waktu untuk menulis”.

Ada juga teman yang saya jumpai bertedak ingin jadi penulis setelah bisa membeli computer atau laptop canggih. Jangan terbalik,  yang mahal itu sebetul ide, bukan komputernya. Computer bisa dissewa. Banyak rental computer di mana-mana. Jangan disetir oleh tehnologi. Tehnologi diciptakan untuk mempermudah kita. Jadi mulailah menulis dengan hal apa saja, setelah selaesai baru kita baru cari tehnologi untuk membantu mengetik dengan rapi.

Tahukah anda seorang peulis sekaliber dunia J.K. Rowling inspirasi dari di tisu kertas. Dari sanalah mula asal lahirnya buku bestseller, Harry Potter yang kemudian melejit ke penjuru dunia. Mencatat itu penting supaya kita tidak lupa, saat ini menulis bisa di mana saja. Gunakan ponsel, karena sebagian besar ponsel saat ini memiliki fitur notes. Jadi jangan cuma ponsel untuk menulis SMS dan telponan, melainkan untuk mencatat inspirasi (Making Notes).

Banyak orang yang merasa berkat dan jago berbicara, tapi yang tinggal hannya khayalan saja, tidak pernah menuangkan akhir jadi penghayal nomor satu. Semoga catatan sederhana ini bisa menjadi cambuk yang bisa melejitkan aktivitas menulis kita. Terutama umntuk saya pribadi, Making Notes ini adalah cara sederhana mencatat kata-kata yang berkelindang, tapi tak kunjung diramu dalam sebuah kumpulan catatan sederhana.

Bogor, 9 Oktober 2015

0 komentar:

Posting Komentar

 

Translate

Flickr Photostream

Twitter Updates

Meet The Author